Perpustakaan Kemdikdasmen

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pendidikan kepercayaan: menuju pendidikan agama yang inklusif
Penanda Bagikan

Text

Pendidikan kepercayaan: menuju pendidikan agama yang inklusif

Anna Amalia - Nama Orang;

Pendidikan merupakan hak fundamental seluruh warga negara Indonesia sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 28C Ayat (1) dan Pasal 31 Ayat (1)–(5). Ketentuan ini menegaskan kewajiban negara dalam menyediakan layanan pendidikan yang berkualitas, berkeadilan, dan inklusif. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional lebih lanjut menegaskan bahwa pendidikan nasional harus berlandaskan nilai agama, budaya, hak asasi manusia, serta responsif terhadap dinamika perubahan zaman. Dalam kerangka tersebut, pendidikan agama memiliki peran strategis dalam menanamkan nilai moral dan etika sekaligus memupuk sikap toleransi di tengah keberagaman bangsa. Seiring perkembangan kebijakan, pemerintah menetapkan regulasi yang mengakui dan memfasilitasi pendidikan bagi penghayat kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa melalui Permendikbud Nomor 27 Tahun 2016 dan diperkuat oleh Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 97/PUU-XIV/2016. Selanjutnya, dukungan terhadap pendidikan kepercayaan dipertegas melalui Keputusan Menteri serta SK BSKAP terkait penerapan Kurikulum Merdeka. Kebijakan-kebijakan ini merefleksikan komitmen pemerintah mewujudkan pendidikan universal, inklusif, dan berkeadilan. Pendidikan kepercayaan diharapkan mampu mengembangkan potensi peserta didik tanpa diskriminasi, sejalan dengan semangat Program Merdeka Belajar. Keseluruhan upaya tersebut meneguhkan pentingnya penyediaan ruang belajar yang menghargai keragaman serta memberdayakan seluruh elemen masyarakat dalam pembentukan ekosistem pendidikan nasional yang adaptif dan berkarakter.


Ketersediaan
#
My Library 207.5 ANN PEN
Z0001
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
207.5 ANN p
Penerbit
Jakarta Pusat : Penerbit BRIN, Anggota Ikapi., 2025
Deskripsi Fisik
xiv, 153 Hlm.; ilus; 21 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-6303-61-5
Klasifikasi
207.5
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Pendidikan Agama
Pendidikan Kepercayaan
Kesetaraan Pendidikan
Kebijakan
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Anna Amalia
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Kemdikdasmen
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Kemendikdasmen
NPP 3171074C2000002

Layanan Perpustakaan
Senin - Jumat Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?