Perpustakaan Kemdikdasmen

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Literasi keagamaan generasi milenial Indonesia:tantangan masa depan bangsa
Penanda Bagikan

Text

Literasi keagamaan generasi milenial Indonesia:tantangan masa depan bangsa

Yusuf, Choirul Fuad - Nama Orang;

Literasi keagamaan merupakan unsur sangat penting dalam kehidupan sosial-keagamaan masyarakat khususnya, dan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara umumnya. Studi-studi sosologi agama dan pembangunan tentang hubungan literasi keagamaan dengan efektivitas pembangunan di berbagai negara multireligi dan multikultural memperlihatkan bahwa literasi keagamaan merupakan faktor pendorong (driving force) bahkan penentu keberhasilan pembangunan yang bermakna. Orasi bertujuan menggambarkan dan menjelaskan urgensinya literasi keagamaan bagi generasi milenial Indonesia. Dalam studinya, penulis menggaris-bawahi bahwa literasi keagamaan generasi milenial yang merupakan bagian terbesar (70% lebih dari total penduduk Indonesia) pada tahun 2020 memperlihatkan kondisi yang memprihatinkan dan menuntut pembinaan intensif dan integratif. Keterpaparan generasi milenial oleh faham keagamaan ekstrim, keterlibatan aktif dalam gerakan-gerakan keras dan tindakan terorisme, hingga menjadi pelaku yang mengarah pada bentuk prilaku intoleran terhadap pemeluk agama berbeda merupakan fakta nyata yang terjadi hingga dua dekade terakhir ini. Implikasi politisnya, diperlukan perhatian khusus dan serius oleh semua pihak. Pemerintah dan masyarakat secara integratif dan intensif perlu mengembangkan tingkat literasi keagamaan dengan cara mengembangkan kesadaran dan pemahaman tentang fungsi praktis ajaran agama bagi kepentingan sosial-politik yang lebih luas dalam penciptaan stabilitas nasional sebagai prasyarat efektivitas pembangunan. Dalam orasi ini, direkomendasikan bahwa penguatan literasi keagamaan hendaknya dilakukan secara integratif melalui berbagai pendekatan—politik, ekonomi, budaya, dan agama itu sendiri. Pendidikan agama—baik formal, nonfomal, maupun informal di keluarga hendaknya tidak semata diorientasikan pada penguasaan materi scara intelektual, namun hal lebih penting adalah dioreintasikan pada penguatan dan pengayaan praktek ajaran dalam konteks kepentingan sosial yang lebih manausiawi dan universal. Metodik pembelajaran indoktrinatif tidak lagi mejadi pilihan paling tepat.


Ketersediaan
#
My Library 306.6 LIT y
080886
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
306.6 LIT y
Penerbit
Jakarta : LIPI Press., 2021
Deskripsi Fisik
xi, 56p.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786024962869
Klasifikasi
306.6
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Sosiologi Agama
Literasi keagamaan
Generasi Milenial
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Kemdikdasmen
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Kemendikdasmen
NPP 3171074C2000002

Layanan Perpustakaan
Senin - Jumat Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?